Power Supply HP Untuk Pemeriksaan HP Terkena Air

Power Supply HP Untuk Pemeriksaan HP Terkena Air

Komponen HP terdiri dari elektronik yang sangat rentan jika terkena air. Memiliki HP biasanya dibawa kemana-mana. Bisa jadi HP ikut kehujanan atau bahkan tenggelam di air. Setelah HP terkena air tersebut biasanya akan mati total. HP yang mati total ini dapat dibawa ke servis dan diperiksa menggunakan power supply HP.

HP yang sudah terkena air sangat kecil kemungkinannya untuk hidup. Namun bukan berarti tidak dapat diselamatkan. Biasanya yang umum dilakukan adalah mengeringkan bagian luar dan dalam HP dengan membukanya. Pengeringan dilakukan dengan lap kering atau vacuum cleaner maupun diangin-anginkan. Tetapi cara tersebut sering tidak berhasil dan mungkin hanya sebagai pertolongan pertama saat HP kemasukan air.

HP yang terkena atau kemasukan air dapat terjadi kerusakan pada bagian hardware maupun software. Bagian aksesori HP juga rentan terjadi kerusakan jika terkena air. Namun untuk kepastian bagian yang rusak dapat dilakukan pemeriksaan menggunakan power supply. Berikut cara melakukan pemeriksaan HP yang mati akibat kemasukan air memakai power supply HP.

  1. Pengeringan HP.

HP yang basah dan terkena atau kemasukan air tidak dapat langsung dihubungkan dengan power supply. Jika langsung dihubungkan kabel power supply maka rentan terjadi hubungan pendek antar komponen HP. Kondisi ini justru akan membuat kerusakan yang lebih parah.

Sebelum dihubungkan pada kabel power supply harus dipastikan benar-benar kering. Pengeringan dapat dilakukan dengan cara divakum, dipanaskan, diblower atau diserap menggunakan butiran silika. Sebelum dilakukan pengeringan dapat diberikan cairan pembersih IPA terlebih dahulu.

  • Pemeriksaan Kerusakan HP.

Pemeriksaan bagian HP yang rusak dapat dihubungkan dengan kabel power supply. Skala Ampere sebesar 1 A dan 3,6 V dengan toleransi kurang lebih 0,5V. Awal pemeriksaan HP dalam posisi off kemudian coba dinyalakan. Apabila tidak ada pergerakan maka kerusakan terjadi di hardware. Jika terjadi kenaikan Ampere sebesar 50 mA maka kerusakan terjadi di bagian software.

Power supply HP dapat membantu untuk memeriksa kerusakan HP akibat kemasukan air. Kerusakan dapat terjadi pada bagian software maupun hardware. Jika mempunyai pendapat tentang pengecekan kerusakan HP yang kemasukan air menggunakan power supply, silakan menuliskan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *